COMMERCIAL

GEBYAR SMAN 12 GARUT 2016
Wadah Kreatifitas Para siswa SLTP di Garut Selatan

              SORAK-SORAI penonton bergemuruh di SMAN 12 Garut. Teriakan-teriakan kepada para grup yang sedang bartanding terdengar hingga keluar gerbang, membuat masyarakat sekitar sekolah berdatangan menyaksikan kegiatan. Selain itu, baligo dan spanduk sponsor berjejer menghiasi pinggir lapangan. Begitulah situasi  Gebyar SMAN 12 Garut yang ke-5 ditahun 2016. Sebuah kegiatan rutin dilakukan setiap tahun di sekolah yang sekarang dikepalai oleh Asep Suryana, S.Pd itu.
              “Tujuan acara ini secara umum, institusi sekolah ingin mewadahi kreatifitas khususnya anak-anak SLTP dari kecamatan Talegong, Cisewu, Cidaun dan Caringin. Agar mereka bisa mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang olahraga dan seni,” papar Saepul Imam, S.Pd., Sekretaris Gebyar, di tengah menyaksikan pertandingan cabang bola voli (25/2). Ditambahkan Rudi Hartono, S.Pd, kordinator Bola Voli, Gebyar SMAN 12 Garut ini ditujukan untuk melihat bakat-bakat para siswa SLTP di wilayah Cisewu dan Sekitarnya.
              Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai 28 Pebruari 2016 tersebut, pada kali ini mempertandingkan beberapa cabang olahraga antara lain: Futsal, bola voli, tenis meja, bulu tangkis, dan renang. Serta di cabang seni: Karaoke dan paduan suara. Yang diikuti  lebih dari 23 SLTP dari 4 (empat) kecamatan. Caringin, Cisewu, Talegong, dan Cidaun. “Kami berharap acara ini bisa terus diselenggaran, karena di wilayah lain jarang sekali acara ini dilakukan. Sebagai tempat untuk kami mengasah kemampuan di bidang olahraga dan kesenian, hanya di SMAN 12 Garutlah acara seperti ini ada,” kata salah seorang siswa SLTP dari Caringin di sela-sela rehat pertandingan.
              Tentu saja acara yang diselenggarakan di halaman SMAN 12 Garut, JL. Cisewu No.35 ini, memiliki beberapa kendala diantaranya: Persiapan yang kurang maksimal di banding dengan kegiatan di tahun sebelumnya. Salahsatunya, karena ada rotasi kepemimpinan kepala sekolah di Kabupaten Garut. Termasuk disekolah tersebut, Dede Wahyu, S.Pd digantikan Asep Suryana, S.Pd.” Dengan adanya rotasi kepala sekolah, kegiatan ini jadi bergeser. Biasanya diselenggarakan diakhir Januari, tahun ini agak mundur ke pertengahan Pebruari. Tapi secara umum Alhamdulillah lancar. Paling persiapannya yang sedikit mepet waktunya. Hal lain, ada beberapa sekolah yang tidak mengikuti acara gebyar dikarenakan minggu-minggu ini mereka sedang mengikuti try out Ujian Nasional” ujar Imam.
              Acara yang dilaksanakan selama 8 (delapan) hari dengan ketua pelaksana Yuyus Setianandika,S.Pd.tersebut. Selain menggali bakat para siswa SLTP, digunakan juga oleh para Alumni SMA 12 Garut untuk bersilaturahmi, “Banyak alumni SMA yang datang pada kegiatan ini. Kebetulan mereka yang kuliah sedang berlibur, jadi kami bisa bersilaturahmi disini,” ujar Heriyanto, Alumni SMAN 12 Garut, program IPS, kepada wartawan.
              “Dan kami berharap, kegiatan gebyar ini lebih difasilitasi lagi sarana dan prasarananya, khususnya untuk cabang voli dan futsal. Sehingga tidak tercampurnya kedua pertandingan ini ditempat yang sama. Di samping itu, promosi dan pesertanya tolong diperluas. Meliputi lebih dari empat kecamatan. Agar SMAN 12 Garut bisa menjadi wadah kreatifitas bagi para siswa SLP di Garut Selatan. Dan harapan ini pernah saya sampaikan kepada panitia, Alhamdulillah jawabannya positif, “ kata alumni yang sedang kuliah di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung ini (25/2). (Gun Gun Nugraha)



 Para siswa SLTP sedang bertanding bola voli ( Poto: Gun Gun Nugraha)

Posting Komentar

0 Komentar