COMMERCIAL

Sejarah Singkat Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut

Sejarah Singkat Desa Cisewu



 

Dilihat dari sejarah, desa Cisewu merupakan desa lama yang terbentuk sejak “Tempo Dulu” dan merupakan sebuah desa yang benart-benar tidak diketahui sejak kapan berdirinya. Karena tanpa catatan secarik kertaspun, yang menyatakan waktu berdirinya desa Cisewu tersebut.  Hanya saja menurut cerita orang tua yang lahir diawal tahun 1900-an, dikatakan bahwa desa Cisewu telah ada sejak beberapa puluh taun yang lalu, Sebelum beliau lahir, sehingga yang beliau ingat sejak pemerintahan desa Cisewu, dipegang oleh bapak lurah Jabog, yang mualai dan berakhir pemerintahan tersebut tidak diketahuinya.

            Selain itu, ia hanya mengetaui sekiatar tahun 1920-an di bawah pimpinan bapak Lurah Ahmad, setelah itu dipimpin oleh bapak Sanusi hingga tahun 1948 dan pada tahun tersebut diadakan pemilihan kepala desa secara Luber yang dimenangkan oleh Sutisna Wijaya sampai tahun 1967. Setelah itu diadakan pemilihan pada tahun 1968 yang dimenangkan oleh Ici Kosasih sampai tahun 1977.

            Kemudian kembali diadakan pemilihan yang dimenangkan oleh D. Durahman, akan tetapi hanya mampu memimpin sampai beberapa bulan saja, selanjutnya dijabat oleh sekretaris desa yaitu Encep. Hal yang sama terjadi, Encep tak lama memimpin Desa Cisewu. Akhirnya tampuk kepemimpinan dijabat oleh Abas, salah seorang pegawai Kecamatan Cisewu yang berakhir pada tahun 1985.

            Pada tahun 1985 kembali diadakan pemilihan kepala desa yang dimenangkan oleh Ici cahyadi, sampai tahun 1995. Mulai tahun 1995 kepemimpinan beralih ke Drs. H.D Hermawan sampai tahun 2003, dan dari tahun 2003 tersebut diadakan pemilihan yang dimenangkan oleh Tohidin. Ia memimpin desa Cisewu selama dua periode.

            Pada tanggal 21 Mei 2015 diadakan pemilihan kepala desa serentak se-kabupaten garut, desa Cisewu sendiri diikuti oleh 5 (lima) calon kepala desa, dan Udan Rukmana terpilih menjadi kepala desa Cisewu sejak tanggal 27 Juli 2015 sampai tahun 2020.

           


Posting Komentar

0 Komentar